Perlukah Susu Untuk Bayi Dan Anak?

Sebelum kita mengetahui apakah penting produk susu untuk bayi serta harga susu di super market kita cari dahulu pengetahuan melalui tanya jawab berikut ini.

Berapa banyak susu yang dibutuhkan balita saya?
Balita membutuhkan setidaknya 1 ½ porsi makanan olahan per hari untuk nutrisi yang baik. Servis susu sama dengan:

1 cangkir (250 ml) susu atau susu kedelai yang diperkaya kalsium
200g yoghurt atau puding
2 iris (40g) keju
Balita tidak boleh minum lebih dari 500 ml susu sehari - terlalu banyak susu dapat mengisinya dan membuat mereka kurang lapar akan makanan. Ini bisa membuat waktu makan menjadi sulit. Ini juga bisa berarti bahwa balita kehilangan nutrisi penting seperti zat besi.


Balita Anda tidak perlu minum susu semalam.

Apa jenis susu yang harus saya berikan pada balita saya?
Balita yang kurang dari dua tahun harus memiliki susu krim penuh. Susu full cream memiliki 4% lemak. Setelah dua tahun, anak-anak dapat minum susu rendah lemak bersama anggota keluarga lainnya. Mengurangi lemak susu memiliki 1 hingga 2% lemak.

Susu yang dijual di toko-toko telah dipasteurisasi dan biasanya dihomogenisasi. Ini berarti telah dipanaskan untuk membunuh kuman dan lemak telah tercampur secara menyeluruh sehingga tidak naik ke atas. Paling aman bagi anak-anak untuk minum susu yang telah diobati dengan kedua cara ini.

Kapan saya harus mulai menggunakan cangkir bukannya botol?
Anak-anak yang minum dari botol terlalu lama memiliki kemungkinan kerusakan gigi dan infeksi telinga yang lebih tinggi. Ini juga dapat mengurangi selera makan mereka. Minum terlalu banyak susu dari botol dapat menyebabkan nutrisi yang buruk (seperti besi rendah).

Balita perlu belajar minum dari cangkir. Tawarkan sejumlah kecil ASI, susu formula atau air keran dalam cangkir dari usia enam bulan.

Ketika anak Anda mulai minum susu sapi pada usia 12 bulan, gunakan cangkir. Sebotol tidak diperlukan.

Merawat gigi
Kerusakan gigi umum terjadi pada balita yang mengisap atau tertidur dengan botol susu, minuman hangat atau jus. Untuk mencegah kerusakan gigi:

Sisihkan balita Anda dari botol jika mereka masih menggunakannya. Dorong anak Anda untuk minum dari cangkir.

Berikan anak Anda keran air untuk diminum. Air keran mengandung fluoride, yang membantu melindungi gigi dari pembusukan.

Segera setelah gigi muncul, bersihkan dengan kain lembut atau sikat lembut kecil. Mulai 18 bulan, Anda dapat mulai menggunakan sedikit pasta gigi fluoride atau anak-anak untuk menyikat gigi anak Anda.

Kebutuhan kalsium untuk balita
Tubuh tidak bisa membuat kalsium, jadi makanan dari susu (susu, keju, yoghurt) yang dimakan anak-anak dan minum setiap hari adalah penting.

Kalsium diperlukan untuk tulang dan gigi yang kuat dan sehat. Tulang balita terus bertambah sepanjang waktu. Mereka membutuhkan banyak kalsium.

Sumber kalsium terbaik adalah susu sapi, yoghurt, custard, keju atau susu kalsium yang diperkaya.

Anak-anak 1 sampai 3 tahun membutuhkan sekitar 500 mg kalsium per hari, sedangkan anak-anak 4 hingga 8 tahun membutuhkan sekitar 700 mg.
Segelas 250 ml susu sapi utuh mengandung sekitar 165 kalori, 9,5 gram lemak, 8 gram protein, dan 305 mg kalsium. Susu rendah lemak mengandung setidaknya sebanyak kalsium sebagai susu sapi utuh.

Balita Anda akan mendapatkan cukup kalsium jika ia memiliki 1 ½ porsi dari kelompok ‘susu, yoghurt, keju dan / atau alternatif’ per hari dalam topik ‘Memberi makan balita - apa dan berapa banyak?’

Dari waktu ke waktu, susu ditempatkan di pasar di mana susu telah diperkaya (misalnya dengan kalsium ekstra). Jika anak-anak mendapatkan persyaratan kalsium yang tercantum di atas, mereka tidak perlu memiliki susu yang mengandung kalsium tambahan di dalamnya. Penting bahwa anak-anak di bawah 2 tahun memiliki susu full cream dan bukan susu rendah lemak.

Susu balita komersial
Susu balita (juga dikenal sebagai formula balita) biasanya tidak diperlukan. Seorang balita yang makan dari semua kelompok makanan tidak perlu minum susu balita.

Jika Anda khawatir tentang diet atau pertumbuhan balita Anda, bicaralah dengan dokter Anda atau perawat kesehatan anak dan keluarga, atau mintalah untuk menemui ahli diet.

Susu umur panjang
Susu umur panjang dan susu UHT sama bergizi untuk anak-anak seperti susu yang ditemukan di bagian pendingin supermarket; mereka baru saja diperlakukan berbeda sehingga mereka bertahan lebih lama.

Susu umur panjang harus digunakan dengan cara yang sama seperti susu biasa (susu full cream adalah yang terbaik untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun).

Setelah karton "panjang umur" susu dibuka tidak lagi "umur panjang": itu "pergi" pada tingkat yang sama seperti susu biasa dan perlu disimpan di lemari es.

Susu kedelai
Susu kedelai dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi jika lebih disukai. Pilih susu kedelai yang mengandung kalsium (setidaknya 100mg kalsium per 100ml).

Minuman kedelai penuh lemak yang ditambahkan kalsium cocok untuk digunakan setelah usia 1 tahun.

Seperti susu sapi, susu kedelai harus dimasukkan sebagai bagian dari diet bervariasi yang sehat. Hanya satu bagian dari apa yang dimakan dan diminum balita, dan makanan lain dibutuhkan.

Minuman kedelai lainnya yang tidak memiliki kalsium yang ditambahkan tidak baik untuk balita.

No comments:

Post a Comment